Senin, 10 Oktober 2011

Halal bihalal PRISMA

PRISMA atau Ikatan Remaja Masjid Al-Muttaqin pada hari Sabtu-Minggu tanggal 17-18 September  2011 telah mengadakan Halal Bihalal di Villa Pacet Cipanas.  Tujuan dari acara ini adalah selain saling meminta maaf, tak kalah pentingnya adalah selalu ciptakan kebersamaan dan persaudaraan antar sesama dalam nuansa Islami. Acara di lepas oleh Ketua DKM Al-Muttaqin Bapak Misbah Rosyadi setelah Sholat Subuh di Masjid Al-Muttaqin, dimana sebelumnya diberi arahan dan wejangan oleh Bapak Anton selaku koordinato Seksi Kepemudaan. Jumlah peserta lebih kurang 25 orang dari mulai usia Sekolah Dasar sampai dengan Perguruan Tinggi. Alhamdulillah selama perjalanan dari Kota Depok menuju Pacet lancar tak ada halangan yang berarti. Kurang lebih pukul 07.30 peserta baru sampai di Villa Pacet Cipanas. Setelah melepaskan penat selama perjalanan pukul 09.00 acara baru dimulai dibuka oleh Seksi Pendidikan Bapak Syaefudin. Remaja yang sejatinya adalah penerus bangsa, penerus negeri ini janganlah manjadi remaja yang sakit jadilah remaja yang menguasai IPTEK (Ilmu Pengetahuan dan Teknologi) serta berhati IMTAQ (Iman dan Taqwa) . Jangan dikotori kehidupan remaja dengan perbuatan dan tingkah laku yang nonIslami, atau remaja yang berwawasan “mumpung masih muda kita foya-foya, tua kaya raya mati masuk surga” yang pada akhirnya justru menjerumuskan kita ke jurang kenistaan.


                           Foto 1 . Pengarahan dan Saat Pelepasan di Masjid Al-Muttaqin
Selama satu hari beberapa agenda acara  pada Halal bihalal ini meliputi Mentoring Motivasi Remaja Islami,  Kajian Alqur’an, Sholat Malam (Tahajud), serta tak lupa Tadabur alam sekitar Pacet. Tadabur alam, yaitu mengamati, mempelajari tabiat dan memaknai tanda-tanda yang diberikan alam.
                Foto 2. Para Peserta Halal bihalal PRISMA
Nilai positif yang diperoleh terhadap kegiatan Tadabur alam antara lain :
  • Dengan tadabur alam akan semakin meningkatkan rasa syukur kita atas nikmat dan anugrah Allah melalui keindahan alam.
  • Jika kita berada ditengah-tengah alam yang maha luas maka akan semakin merasa kecil diri ini, sehingga sedikit akan mengurangi kesombongan kita.
  • Tadabur alam akan membersihkan diri dan jiwa kita dari energi-energi negatif yang mungkin telah bersemayam di hati kita.
  • Tadabur alam mudah, murah dan mengasyikkan.
  • Apapun yang alami dan natural pasti lebih baik  dari pada super blok sekalipun.



    Foto 3. Ya Allah Maha Suci Engkau Yang Telah Menciptakan
               Bebatuan Asal Dari Perut Bumi ini Hingga
               Tersingkap di Permukaan.

Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, dan silihbergantinya malam dan siang terdapat tanda-tanda bagi orang-orangyang berakal, (yaitu) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri atau duduk atau dalam keadaan berbaring dan mereka memikirkantentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata): "Ya Rabb kami,tiadalah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia. Maha Suci Engkau,maka peliharalah kami dari siksa neraka." (QS.Ali Imron:190-191).

1 komentar:

  1. Alhamdulillah remaja masjid Al-Muttaqin sudah mulai aktif, semoga semakin bergeliat da'wah di kalangan remaja.

    salam kenal
    www.quranicleadership.com
    www.quranic-leadership.com

    Wassalamu'alaikum wr.wb.

    BalasHapus