Senin, 19 September 2011

Manasik Haji dan Umrah

Alhamdulillah ..pada tahun 1432 H atau 2011 M ini, ada sekitar 12 Jamaah Masjid Al-Muttaqin yang menunaikan Rukun Islam yang ke 5 yaitu menunaikan ibadah haji menuju Baitullah sebagai rumah Allah sebagaimana firman Allah dalam Al-Qur'an Surat Ali-Imran ayat 97 :

وَلِلَّهِ عَلَى النَّاسِ حِجُّ البَيْتِ مَنِ اسْتَطَاعَ إِلَيْهِ سَبِيْل اًوَمَنْ كَفَرَ فَإِنَّ اللهَ غَنِيٌّ عَنِ الْعَالَمِيْنَ

Dan hanya karena Allah lah haji ke Baitullah itu diwajibkan bagi manusia yg mampu mengadakan perjalanan ke sana. Barangsiapa yg kafir maka sesungguh Allah tidak butuh terhadap seluruh alam semesta.” (QS. Ali-Imran ayat 97).

Dari duabelas Jamaah tersebut sebagian besar adalah pengurus DKM Al-Muttaqin seperti : Bpk Misbah Rosyadi (Ketua DKM), Bpk Yusuf Abdullah (Seksi Ibadah), Bpk Anton dan Istri (Seksi Kepemudaan), Bpk Irfin dan istri (Seksi Umum), Bpk Munir dan Istri (Seksi Umum), Bpk Suryadi dan Istri (Seksi Umum) serta jamaah yang lain yaitu Bpk Budi dan istri. 

Alhamdulillah seksi pendidikan yang dibawakan oleh Bpk. Syaefudin, telah memberikan dua kali manasik haji dan umrah. Manasik pertama dilaksanakan pada malam Minggu tanggal 10 September 2011 ba'da sholat Isha bertempat di Masjid Al-Muttaqin berupa teori Manasik Haji mengikuti Sunnah Rosul. Beberapa sumber bacaan selain Alqur'an yang digunakan sebagai acuan untuk Manasik tersebut antara lain :
  1. MANASIK HAJI DAN UMRAH  (Bimbingan Haji dan Umrah Sesuai Al-Quran dan As-Sunnah Yang Shahih), Penulis : Asri Ibnu Tsani Djali, Penerbit : Pustaka Darul Ilmi.
  2. MENELADANI MANASIK HAJI DAN UMRAH RASULULLAH SAW, Penulis : Mubarak bin Mahfudh Bamuallim, Lc, Penerbit : Pustaka Imam Assy-Syafi’I
  3. PETUNJUK JAMAAH HAJI DAN UMRAH SERTA PENZIARAH MASJID RASUL SAW, Disusun oleh : Badan Penerangan Haji, Penerbit : Departemen Agama, Wakaf, Dakwah dan Bimbingan Islam, Saudi Arabia 1431 H, Disahkan oleh : Lembaga Riset Ilmiah dan Fatwa, Syeikh Muhammad Bin Saleh Al-Utsaimin.
Sedangkan manasik yang kedua dilaksanakan pada Selasa Malam ba'da Sholat Isha tanggal 13 September 2011, diputarkan film manasik mengenai pelaksanaan haji  mulai dari persiapan keberangkatan, pelaksanaan haji di Mekkah seperi Thowaf, Sa'i, Mabit di Mina, Muszdalifah, Wukuf Arafah dan Lempar Jamrah (Ulaa, Wusthaa dan Aqobah), serta Jiarah ke Masjid Nabawi di Madinah.

Insya Allah para Jamaah Haji akan tergabung dalam Kloter pertama berangkat dari Asrama Haji Bekasi pada awal bulan Oktober.

Marilah para Jamaah, sobat, handai tolan...kita do'akan semoga Allah SWT memberikan kemudahan, kesabaran, kesehatan kepada para Calon Jamaah yang menunaikan ibadah haji dan memperoleh haji yang mabrur, serta kepada kita para jamaah Al-Muttaqin agar diberikan lapang rejeki untuk segera menunaikan rukun Islam yang ke lima..amiin ya robbal alamiin.(SY)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar