Selasa, 20 September 2011

PENGAJIAN MINGGUAN

Nabi Muhammad SAW pernah bersabda bahwa di antara rumah dan mimbarku ada Raudhah atau Taman Surga. Raudhah yang berada di Masjid Nabawi Madinah setiap saat dipenuhi oleh umat Islam dari seluruh dunia, terlebih lebih pada musim haji. Ribuan jamaah dari berbagai negara islam rela berdesak-desakan untuk dapat beribadah di dalam Raudhah. Luas Raudhah yang kecil sekitar 11 x 21 meter, tidaklah mudah bagi jamaah untuk dapat memasukinya, karena jika telah penuh oleh jamaah maka Raudhah akan ditutup dengan sekat sebagai batas antara Raudhan dengan tempat lainnya di dalam Masjid Nabawi. 

Foto suasana di dalam Raudhah Masjid Nabawi Madinah

Ada tiga pendapat mengenai sabda nabi tentang Raudhah, pertama adalah bahwa pada hari akhir nanti Raudhah akan dipindahkan ke Surga; pendapat yang kedua yaitu di Raudhah sekarang nantinya merupakan Taman Surga, sedangkan pendapat yang ketiga adalah bahwa dulu pada jaman nabi, tempat antara rumah nabi dengan mimbar merupakan tempat yang selalu digunakan untuk majlis dzikir atau pengajian seperti di jaman sekarang. Raudhah diyakini oleh umat Islam sedunia merupakan tempat yang mustajam, untuk melakukan ibadah (sholat) maupun berdoa. 

Jika melihat pendapat pertama dan kedua maka hanya umat Islam yang kaya sajalah (banyak duit) yang dapat menikmati Raudhah karena merekalah yang bisa pergi ke Masjid Nabawi, Madinah, lalu bagaimana dengan umat Islam lain yang belum mampu pergi ke Madinah ???. Pendapat yang ketigalah yang perlu kita cermati bahwa di manapun di atas muka bumi ini selama ada majlis dzikir maka itulah Raudhah.

Marilah saudaraku….datanglah ke majlis dzikir (Raudhah) mingguan yang dilaksanakan di Masjid  Al-Muttaqin yaitu :
  • Majlis dzikir setiap malam Jum’at ba’da Sholat Isha membahas tentang tafsir Al-Qur’an, didahului dengan tilawah Al-Quran bersama kemudian dilanjutkan pembahasan tafsirnya dan tanya jawab oleh Ustadz Bakrun Syafe’I MA.
  • Majlis dzikir Minggu pagi ba’da Sholat Subuh dildahului Tilawah, pembacaan dzikir Al-Matzsurat, Tausiyah, ditutup dengan Sholat Syuruk/Israk. Topik bahasan maupun ustadz yang mengisi pada minggu pagi ini bergantian. Topik bahasan meliputi  Al-Hadist, Sirah Nabawiyah, Fiqih maunpun umum. Hadist Nabi “ Barang siapa yang sholat subuh berjamaah di Masjid kemudian berdzikir sampai dengan fajar dan ditutup dengan sholat syukur dua rokaat maka pahalanya sama dengan ibadah haji dengan sempurna sempurna” Subhanallah……….
Wahai saudaraku, mumpung ada Raudhah di sekitar kita datanglah, kunjungilah, berlomba-lombalah mencari kebaikan, mencari bekal untuk dibawa mati…. hidup yang sebenarnya adalah kelak diakhirat bukan sekarang, bukan di dunia. Tak ada gunanya harta, kemewahan, anak2, istri, orang tua, saudara…jikalau terdengar adzan kita masih asyik dengan urusan duniawi. “Barang siapa lebih mencintai bapak2mu, istri2mu, anak2mu, kerabatmu, hartamu, dari Allah dan Rosulnya maka tunggulah perhitunganKu. Dan Allah tidak memberi petunjuk kepada orang2 fasik” (QS. At-Taubah ayat 24), mumpung kita masih diberi waktu saudaraku……(SY).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar